Santun dalam menyampaikan berita

Tadi siang saya melihat koran lokal terbitan hari ini yang mana pada tag line nya tidak mencerminkan sikap seorang jurnalis profesional. Kata yang tidak sepatutnya untuk ditampilkan bahkan condong terkesan telanjang dan fulgar sekali. Apalagi di cetak dengan horuf kapital. Namun, siang tadi saya lupa untuk memfoto koran tersebut. Beruntungnya adalah beberapa saat yang lalu saya mendapat kiriman foto dari kawan, lebih kurang begini

terlalu

saya yakin koran lokal hadir di ruang-ruang perpustakaan sekolah ataupun di ruang-ruang publik lainnya yang mana anak-anak jolong gadang (ABG,red) terkusus seperti siswa-siswa SD-SMA dapat membaca koran tersebut. Apakah mencerminkan sikap seorang jurnalisme yang baik jika kita tengok koran di atas? lantas kemana auditor dari koran tersebut? apakah ia lengah? Entahlah kawan.

Beberapa minggu yang lampau saya juga mendapati media lokal menuliskan kata-kata telanjang dan vulgar dengan kata-kata “Siswa SMP di Payokumbuah kepergok main papa mama …”. Sungguh tidak elok di dengar dan dipandang.

Beberapa saat yang lampau saya menghubungi kawan-kawan dari wartawan senior dan juga mantan wartawan lokal untuk menindaklanjuti kejadian yang ada pada koran lokal hari ini. Beruntung kawan-kawan ini cepat tanggap dan merespon. Syukurlah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s