Pentingnya memberikan apresiasi terhadap sebuah karya

Tempo hari saya pernah meminta kepada seorang kawan yang sering membuat design. Kesehariannya teman ini sering membuat design untuk keperluan publikasi di kampus, terutama sekali di Jurusan Teknik Elektro dan himpunan mahasiswa. Selanjutnya dibawah pengawasan saya lebih kurang 2 minggu, teman tadi saya libatkan dalam kepanitiaan peresmian 11 Kampung UKM Digital Sumatera Barat. Kepadanya saya berikan tanggung jawab berupa mendesin katalog, undangan, dan backdroop.

Saya berikan arahan dan perkenalkan dengan kolega-kolega di devisi bisnis Telkom Witel Sumbar, sesekali ia celetuk kepada saya berkata “duh, saya menpatkan tantangan yang besar dan sangat senang sekali”. Dengan senyum simpul saya menimpali celetuknya.

draft_catalog

singkat cerita, karena kesibukan kita masing-masing, barulah hari ini saya dapat bertemu bertatap muka lagi dengan kawan ini. Selanjutnya, saya ucapkan selamat atas keberhasilannya dalam menyelesaikan katalog tersebut, kepadanya juga saya berikan amprah. Saya minta ia menghitung dan ia celetuk kaget
“loh, kok segini?”,
saya timpali “apakah kurang atau bagaimana?”
ia membalas, “bukan, ini banyak betul, saya jarang mendapat honor untuk design ini”

saya balas celetuk itu dengan tersenyum dan berkata “Alhamdulillah, itu amprah untuk kamu kawan, saya menghargai apa yang kamu buat dan kerjakan, anggap saja amprah itu rasa terimakasih saya dan saya bangga dengan hasil kerja keras kamu dan saya bangga mempunyai kawan yang hebat mendesign”.

Lantas ia terdiam, dan menerima amprah tersebut yang saya masukkan kedalam amplop.

Nah, begitulah, pentingya sebuah penghargaan. Penghargaan itu bukan hanya dari honor ataupun materi lainnya, bagi saya, penghargaan tersebut adalah ucapan tulus nan memantik semangat juang kawan untuk tetap berkarya dan berinovasi. Bukan sepatah kata yang mematahkan.

Saya janjikan tadi, jika ada projek lain, InsyaAllah akan saya libatkan dia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s