Ulah Tikus

Well, beberapa saat yang lalu, kawan-kawan dari devisi Multimedia minta izin kepada saya untuk mengakses ruang server kampus untuk mengecek server video streaming yang akan digunakan untuk peliputan kegiatan wisuda. Kebetulan, dari semalam saya tidur diruang kontrol server kampus dan pagi ini belum mandi.

Saya izinkan kawan-kawan ini untuk masuk keruang server untuk mempersiapkan server streaming mereka. Tidak lama berselang, suasana gaduh dan gelisah saya lihat dari ekspresi mereka. Saya masih diam-diam saja namun ketika mereka sudah mulai pasrah dan mematikan kembali lampu ruang server barulah saya tegur, “kenapa om?, ada masalahkah?”

Dari percapakan dan diskusi singkat, mereka meminta saya untuk turun tangan menengok kerusakan server tersebut. “Baiklah, saya tengok” ucap saya dengan lantang.

Pertama, saya coba menganalisa permasalahan. Permsalahan utama adalah komputer gagal booting. Solusinya adalah dengan mengakses BIOS dan melihat pengaturan berupa: hardisk apakah sudah terdeteksi serta menu BOOT yang semestinya. Dari analisa, BOOT terhadap hardisk terdapat pada menu no 5, sedang booting yang pertama adalah flopy disk. Tentu kondisi ini tidak wajar sebab jika flopy disk yang dijadikan booting utama tentu saja komputer akan gagal booting sebab tidak ada sistem operasi yang terdeteksi.

Selanjutnya saya kembalikan menu booting hardisk dari posisi lima ke posisi 1. Selanjutnya disimpan pengaturan tersebut untuk kemudian diulangi booting untuk melanjutkan ke POST.

Rupanya tidak sampai disana, mesti hardisk sudah dalam posisi utama untuk booting,  namun masih terjadi gagal booting. Selanjutnya saya perintahkan kepada kawan-kawan ini untuk menurunkan tower server tersebut untuk saya analisa kabel data dan lain sebagainya.

Dugaan saya terbukti, rupanya kabel data sata tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Kabel tersebut digiigt tikus. “Duh, ulah tikus!”

ulah_tikus

sontak kami kaget dan sedikit melucu dalam lelucon. hi hi ih. Artinya pengawasan terhadap ruang server kampus pun mesti di audit kembali. Sayangnya ini jarang dilakukan. Baiklah, kebetulan saya masih mempunyai cadangan kabel data sata untuk digantikan kabel data yang sudah rusak sebelumnya.

kabel_data_sata_baru

Alhamdulillah, server ini kembali dapat hidup dan dapat diakses video live streaming wisuda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s