Saat ini jenis wisata halal sedang disukai masyarakat dan menjadi buah bibir. Dalam pada itu, pertanyaan-pertanyaan muncul perihal apa dan bagaimana wisata halal ini sendiri. Berangkat dari diskusi dan rapat waktu bulan puasa kemarin dengan Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat, saya dan kawan-kawan sepakat untuk memenangkan Sumatera Barat dalam pemilihan destinasi halal terbaik Indonesia tahun 2016. Alhamdulillah, buah dari rapat serta usaha tersebut telah mengantarkan Sumatera Barat sebagai pemenang destinasi halal terbaik tahun 2016.

Wisata halal atau dalam bahasa lainnya world halal tourism tumbuh dan berkembang dari peluang dan kebiasaan baru dari masyarakat timur tengah terutama dari kalangan konglomerat dimana mereka menyukai wisata alam dan menyukai berpergian dalam tujuan berwisata dan berliburan dengan jumlah rombongan yang tidak sedikit. Selanjutnya, dalam hal berberlanja mereka menghabiskan tidak sedikit uang di tempat dimana mereka berliburan. Tentu bagi pengamat dan pelaku industri pariwisata melihat sebuah pasar baru yang mesti digarap dan dipersiapkan dengan serius. Inilah yang menjadi cikal bakal tumbuh dan lahirnya wisata halal tersebut. Sebab ada nilai lebih dan nilai tambah dalam industri pariwisata halal tersebut.

Hari jumat kemarin saya dan kawan-kawan menghadiri undangan dari Kementrian Pariwisata serta tim dari Lombok yang berhasil menghantarkan Lombok sebagai juara tahun kemarin baik di pentas nasional maupun di pentas internasional. Dalam pertemuan tersebut maka bersepakatlah kami bersama untuk membentuk tim persiapan pemenangan Sumatera Barat di kancah world halal tourism. Terbentuklah GenPi (Generasi Pariwisata) regional Sumatra Barat.

Hasil pertemuan hari jumat kemarin kami bawa kepada Gubernur Sumatra Barat tadi siang, disela kesibukannya beliau menyempatkan meluangkan waktunya untuk mendengarkan pemaparan selanjutnya beliau memberikan pengarahan-pengarahan serta dukungan.

Gubernur memastikan akan menggerakan seluruh elemen kemasyarakatan agar melakukan vote atau pilih dalam kompetisi World Halal Tourism Award (WHTA) 2016. Bahkan secara pribadi tokoh yang dua periode menjadi anggota DPR RI itu akan memaksimalkan media sosialnya termasuk dengan sistem premium.

Irwan Prayitno, saat pertemuan yang dihadiri belasan tim GenPi Sumbar ini mengatakan, dalam waktu dekat Pemprov Sumbar akan menyiapkan pembentukan tim percepatan wisata halal Sumbar yang diikuti dengan regulasi dan program.
“Saya akan surati secara resmi wali kota dan bupati, lembaga, stakeholder terkait serta sponsorship untuk mendukung vote Sumbar dan menangkan Minang dan Indonesia,” katanya.

Dalam kompetisi wisata halal nasional, Sumatera Barat memenangkan empat kategori, yaitu sebagai destinasi wisata halal terbaik, destinasi kuliner halal terbaik, operator wisata terbaik diraih Ero Tour dan restoran halal terbaik, diperoleh Rumah Makan Lamun Ombak. Tapi untuk restoran halal terbaik, tidak dilombakan di tingkat internasional.

Kesimpulan dari pertemuan ini setidaknya ada lima point penting, yakni;

Hasil Gubenur – Genpi Sumbar

1. Dipersiapkan pembentukan tim percepatan wisata halal Sumbar
2. Percepatan kesiapan Sumbar berupa regulasi dan program menyiapkan potensi pariwisata
3. Untuk vote gubernur akan promote di media sosial secara maksimal termasuk dengan cara premium
4. Gubernur akan menyurati Kab/Kota, lembaga, stakeholder terkait serta sponsorship untuk mendukung : VOTE SUMBAR MENANGKAN MINANG #menangkanindonesia.
5. Sumbar secara legal formal menyepakati sebagai destinasi wisata halal ketika ada pertemuan dengan Menpar bersama 19 Bupati dan  Walkot secara aklamasi pada tanggal 12 Mei 2016 di Hotel Bumi Minang langsung di depan Menpar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s