Selamat Hari Blogger Nasional, well, kita mengetahui atau sedikit mengetahui saat ini bahwa tanggal 29 ini diperingati sebagai Hari Blogger Nasional. Dulu sering diadakan kegiatan kopi darat dari komunitas blogger untuk memperingatinya, namun belakangan ini kian hari kian redup kegiatan tersebut. Pada tahun 2010, bertempat di Universitas Sumatera Utara, saya pernah menghadiri rangkian kegiatan bersama Blogger Medan. Saat itu kegiatan dihadir oleh seorang blogger perempuan yang cukup populer yakni nonadita. Selanjutnya, pada awal bulan maret 2011, bertempat di Padang waktu itu bersama komunitas blogger Padang-Palanta-. Saya juga ikut menghadiri kegiatan tersebut, walau bukan dalam rangka hari blogger, namun kegiatan tersebut cukup meriah dan ramai sekali.

Awal perkenalan saya dengan blog adalah pada awal tahun 2008, saat itu saya menginjak kelas 1 SMK dan akan memasuki kelas 2 SMK. Ketika itu juga, saya mendapatkan fasilitas selaku pengurus ICT di sekolah berupa komputer dan internet yang dapat saya akses selama 24 penuh. Pada waktu itu, hasrat belajar dan ingin mendapatkan berbagai pengalaman baru di bidang komputer sedang dalam masa semangat penuh. Belajar otodidak mengenai komputer, internet adalah keseharian waktu itu termasuk menulis di blog.

Menulis di blog sendiri bagi saya, kusus untuk saya pribadi mempunyai cerita tersendiri. Maksudnya adalah begini. Saya membagi menjadi 2 periode dalam kegiatan ngeblog tersebut. Periode pertama pada medio 2008 hingga medio 2010, pada medio tersebut dapatlah dikatakan sebagai masa dimana saya masih mencari dan atau meraba-raba tentang apa yang ditulis. Maka, waktu itu apapun itu saya tulis.Bisa dikatakan blog yang saya kelola waktu itu bukanlah sebuah yang serius benar adanya.

Medio 2011 hingga medio 2013 awal dapat dikatakan sebagai masa dimana saya tidak lagi aktif terlibat dalam berkegiatan menulis di blog. Barulah pada tahun 2013 akhir, waktu itu ada sedikit benturan dan masalah yang membuat saya larut dalam kesedihan dan hal yang dirasa tidak perlu untuk dipikirkan dan dicemaskan. Mulailah saya berfikir mencari jalan keluar dalam mengusir setiap kegalauan yang muncul tiba-tiba dan menyeret serta mencabik hari saya dalam kesedihan tiada henti.

Dalam pada itu, pada akhirnya jatuhlah pilihan untuk kembali menulis di blog. Alasannya adalah applikasinya dapat saya pasang di gawai dengan begitu saya dapat melakukan aktifitas tulis-menulis ini secara online maupun secara offline.

Blog ini, sebagaimana saudara paham, saya menulis judul dari blog dari ada merupakan suatu ketiadaan. Diakui secara tidak langsung bahwa buku yang saya kenal dari waktu sekolah dasar yang membahas mengenai filsafat yang digagas oleh seorang filsuf dari Prancis yakni Rene Descartes, sebuah magnum opus yang cukup terkenal sampai saat ini Cogito Ergo Sum. Aku berfikir maka aku ada, begitulah seorang Rene Descartes selalu memenuhi kepala ini yang kosong, mesti saya akui juga saya bukanlah seorang kartesian murni, bukanlah seorang pengikuti Rene seutuhnya, namun ada beberapa bagian yang saya pelajari dan pahami sampai saat ini.

Dari ada merupakan suatu ketiadaan, blog ini berisi percikan permenungan yang datang tiba-tiba, berisi puisi, essay, maupun tulisan lepas lainnya. Dan saya tidak membatasi tulisan ini fokusnya dimana, sebab kegemaran mempelajari berbagai ilmu serta kegemaran membaca serta menulis tersebutlah yang membuat saya tidak ingin terkurung dalam satu jenis tulisan saja. Baik buruknya, bagus tidaknya blog ini saya serahkan sepenuhnya kepada sidang pembaca yang budiman.

Dalam pada itu, maka saya menyebut fase 2013 akhir sampai saat ini adalah fase dimana saya sudah mulai menumukan kenyamanan dalam menulis. Dan yang pasti juga, kegelisahan dan kesedihan dapat saya carikan obatnya dengan langsung menulis. Baru-baru ini muncul lagi kegemaran saya menuliskan percikan permenungan di bidang budaya, seperti menulis makna yang terkandung didalam pantun kiasan pada lagu Minangkabau lawas. Begitu juga dalam menulis mengenai kopi. Pendek kata, inilah yang saya maksud, bahwa pada dasarnya blog yang sedang saya gadangkan ini merupakan rekam jejak dalam pencarian ke-akuan.

Sedikit menyinggung perihal perkembangan blog saat ini. Saya melihat ada sebuah kecenderungan baru dalam media untuk beraktifitas. Media tersebut adalah facebook dengan fasilitas note, Instagram dengan fasilitas penulisan narasi yang tidak dibatasi, serta tidak ketinggalan YouTube yang saat ini sedang digemari untuk melakukan aktifitas vlog (Video Blog).

Kita paham bahwa hakikatnya social media tidak ubahnya dengan komunitas sosial dalam keseharian, artinya dimana ada keramaian maka disana orang akan berkumpul. Facebook, Instagram, YouTube merupakan sebuah media, media untuk memvisualisasikan keberadaan masyarakat menjadi masyarakat digital. Bagi mereka yang mempunyai banyak pengikut dan berpengaruh di social media tentu setiap apa yang mereka tulis akan dibaca oleh berbagai kalangan, ditambah lagi dengan adanya menu membagikan tulisan dengan mudah. Dengan begitu tersebarlah dengan capat tulisan tersebut.

Pendek kata, saya melihat ada sebuah pergeseran dan arah perubahan dalam hal beraktifitas menulis di blog. Secara konvensional menggunakan cara dan media lama seperti wordpress, blogspot, maupun tumblr. Dan pergeseran tersebut dapat menggunakan media yang lebih interaktif dan memiliki banyak pengikut.

Sore ini, setelah hujan turun dan memerangkap kota dalam dingin yang tiada henti, kawan-kawan dari komunitas blogger Palanta melakukan kegiatan diskusi ringan sekaligus dalam memperingati hari blogger nasional tersebut.

kopdar

selamat hari blogger nasional, teruslah menulis. Sebab tulisan adalah kemerdekaan seorang dari sebuah hiruk pikuk dan segala kegelisahan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s