Prespektif Lain MADILOG

Kapitalisme dalam penerapan sosialisme di tengah komunisme Minangkabau, menuju penerapan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah. Hal ini baru sekadar prespektif lain dari pergulatan terhadap pemikiran dan filsafat Ibrahim Dt. Tan Malaka yang tertuang di dalam kitab kitab karyanya, terutama MADILOG.
Mempertimbangkan basic cultural Tan sebagai seorang Minangkabau yang menjabat Pemangku Adat, baik di dalam kaum/sukunya, juga dalam pranata sosial masyarakat Adat, tan sebagai Datuak Tan Malaka, adalah seorang Raja Adat yang membawahi 142 pemangku Adat di wilayah Adat Bungo Setangkai, Kelarasan Suliki, Luak Limopuluah (wilayah administratif Kabupaten Lima Puluh Kota).
Tentu akan sangat menarik, jika mengkaji MADILOG dalam Prespektis lain, mengingat Tan selalu diindetifikasikan sebagai tokoh Partai Komunis Indonesia, sekaligus seorang Atheis atau orang yang tidak bertuhan. Maka stigma negatif tersebut, tentu harus mendapat jawaban tepat, baik Tan sebagai individu maupun sebagai seorang tokoh pergerakan sebelum hingga Indonesia Merdeka.
Pada sisi lain yang sangat menarik, yakni terletak pada sistimatika Logika Tan sebagai pemikir sekaligus filsuf dengan basic formalnya sebagai seorang akademisi pendidikan, menjadikan MADILOG sebagai buah pengajaran dalam pembelajaran bagi bangsa Indonesia menghadapi tantangan zaman. Khususnya bagi Masyarakat Hukum Adat di Minangkabau, atau yang disebut dengan anak dan kemenakan, mamak dan bundo kanduang, imam, khatib, bilal, malin dan cadiak candikio.
Menjawab Minangkabau maupun Indonesia hari ini dan kedepan, tentu sangat menarik jika mengambil acuan dari pemikiran dan filsafat Tan Malaka.
Nah, mari kita mulai membuka kembali, helai demi helai, halaman kitab kitab karya Ibrahim Dt. Tan Malaka.

Gunuang Sago, 13 Maret 2017.  Diskusi Mamak dengan kemenakan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s