Screen: Tetap Hidup Hidup Tetap

Well, anyway sesekali judulnya boleh begitu kan? lah saya juga bingung mau kasih judul apa. Efek pusing tujuh putaran sepak bola takraw, hi hi hi. Jadi gini, sebagaimana yang saya siarkan dalam postingan sebelumnya mengenai bagaimana caranya program yang kita bikin akan otomatis berjalan ketika server selesai booting. Rupanya cara yang saya lakukan tidak berhasil, sudah saya coba cari letak kesalahannya dimana. Kuat dugaannya adalah aplikasi tidak berjalan sempurna ketika booting sebab mesti memanggil program C yang ada di Arduino (melalui serial USB).

Nah, saya cari alternatif bagaimana program ini dapat berjalan dengan baik, alternatif terakhir adalah meremot server (raspberry pi) menggunakan laptop. Nga mungkin juga saya menggotong monitor ke tengah hutan ataupun ke tengah sawah demi menjalankan program tersebut. hi hi hi. an nga kebayang juga gimana repotnya. hi hi hi.

Alternatifnya adalah menggunakan aplikasi bernama screenSerius, beneren itu nama aplikasinya. Nginstall nya juga gampang.

apt-get install screen

kebetulan saya menggunakan raspbian yang notabene merupakan distro yang dikembangkan dari Debian, maka untuk instalasi paket nya menggunakan apt-get. Lanjut, kalau sudah berhasil di install, cukup jalankan aplikasi dengan mengetikkan screen. Anda akan dihadapkan dengan jendela baru. Selanjutnya tinggal jalankan aplikasi. Jika aplikasi sudah di jalankan tekan tombol combinasi Ctrl + a + d  (Detaches a screen session). Artnya walaupun kita keluar dari merepot server tersebut, namun perintah yang kita berikan tadi akan tetap di eksekusi di belakang layar. Gampang kan? hi hi. Mari berkemas-kemas, moga esok dan lusa menyenangkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s